twitter
rss

Minggu, 28 Desember 2014

Miskonsepsi


NO
MISKONSEPSI
PERBAIKAN
1.       
Salah satu ciri makhluk hidup adalah makan
Pernyataan ini salah. Ciri makhluk hidup adalah perlu makanan. Semua makhluk hidup memerlukan makanan termasuk tumbuhan hanya saja cara pemenuhannya berbeda. Hewan dan jamur dilakukan melalui preoses makan, tetapi tumbuhan dilakukan dengan cara membuat makanan sendiri didalam tubuhnya.

2.       
Tumbuhan menyerap sari – sari makanan dari dalam tanah
Pernyataan ini salah. Tumbuhan menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Organisme yang menyerap sari makanan dari dalam tanah hanya jamur.

3.       
Contoh makanan adalah air, vitamin
Pernyataan ini salah. Karena air dan vitamin tidak memenuhi kriteria makanan. Makanan memiliki ciri merupakan zat organik, mengandung energi dan bermanfaat bagi tubuh. Ciri tersebut bersifat komulatif artinya tidak cukup salah satu terpenuhi. Contoh alkohol merupakan zat organik tapi dapat merusak tubuh. Air bermanfaat bagi tubuh tapi bukan zat organik dan tidak mengandung energi, oleh karena itu tidak termasuk makanan.

4.       
Rantai makanan adalah peristiwa makan memakan yang terjadi berurutan
Pernyataan ini salah. Rantai makanan bukanlah peristiwa makan memakan, karena konsep makan memakan adalah saling memakan, padahal yang terjadi adalah satu pihak yang dimakan sedang pihak lain yang memakan tidak, tapi ada potensi untuk dimakan oleh organisme lainnya. Contoh tikus dimakan ular, sementara tikus tidak memakan ular. Tetapi ular kemungkinan juga dapat dimakan oleh organisme lain seperti burung elang. Konsep berurutan sebenarnya juga tidak statis tetapi dinamis, artinya urutan peristiwa memakan dapat berubah terutama bila rantai makanan itu melibatkan organisme yang omnivor. Contoh: Nyamuk---katak---manusia;urutan ini dapat berubah: katak---manusia---nyamuk atau urutan lain. Perbaikan: Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan menurut urutan tertentu.

5.       
Bahan makan, makanan, dan zat makanan adalah sama
Pernyataan ini salah. Bahan makanan adalah materi yang didalamnya mengandung makanan /zat makanan. Biasa bahan makanan berasal dari alam seperti susu, nasi, ketela, daging. Makanan adalah zat organik yang mengandung energi yang bermanfaat bagi tubuh. Contoh makanan karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga zat ini dahulu disebut zat makanan pokok. Zat makanan adalah nutrein yang sangat diperlukan oleh tubuh, semuanya ada 6 macam, yaitu 3 dari zat makanan pokok (makanan) di atas ditambah dengan air, mineral, vitamin.

6.       
Apakah betul pendapat orang yang mengatakan bahwa osmosis adalah proses perpindahan molekul zat dari konsentrasi rendah kekonsentrasi tinggi?
Pernyataan ini slah. Osmosis termasuk transfor pasif yang tidak memerlukan energi kecuali sedikit energi van der wals, dengan demikian mustahil arah pengangkutannya dari konsentrasi rendah ke tinggi. Untuk menentukan konsentrasi maka yang dijadikan pertimbangan adalah zat yang berpindah. Pada peristiwa osmosis zat yang berpindah adalah air jadi air berpindah dari konsentrasi air yang tinggi ke konsentrasi air yang rendah. Kekeliruan konsep ini karena orang melihat konsentrasi disini adalah konsentrasi kelarutannya.

7.       
Pernapasan anaerob adalah pernapasan yang tidak memerlukan oksigen
Pernyataan ini salah. Konsep tersebut  adalah salah karena pada hakikatnya tidak ada proses pernapasan yang tidak membutuhkanoksigen. Hanya saja sumber oksigen yang digunakan berbeda. Oksigen bisa berasal dari udara bebas, udara dari molekul lain atau oksigen yang berasal dari molekul itu sendiri. Dari sini kita mengenal dua macam pernapasan yaitu antar molekul dan intramolekuler. Pernapasan antar molekul bila oksigen berasal dari molekul lain.

8.       
Perkembangbiakan vegetatif buatan dilakukan dengan cara menyambung dan menempel
Pernyataan ini salah. Konsep pembiakan adalah pertambahan individu, pada menyambung justru terjadi pengurangan atau setidak – tidaknya tidak bertambah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar